Rabu, 09 Desember 2015

CONTOH HARD NEWS

KPU minta masyarakat ikut awasi rekapitulasi suara Pilkada

Komisioner Komisi Pemilihan Umum (KPU) Ferry Kurnia Rizkiyansyah menjelaskan, bahwa publik bisa memantau langsung proses penghitungan suara melalui website resminya. Menurutnya seluruh data rekapitulasi C1 akan dilampirkan dalam situs pilkada2015.kpu.go.id.

Hasil dari C1 yang sekarang sudah ada dibuat teman-teman KPPS, ini langsung ada satu form yang dibawa ke kabupaten kota. Form yang dibawa ke kabupaten kota itu nanti akan langsung discan dan direkap, jadi hasil scannya dalam bentuk image itu akan ditampilkan di website kita. Hasil rekapnya pun akan ditampilkan kepada publik.

Menurut Ferry, hal tersebut guna menunjang langkah transparansi di lembaganya. Dia berharap, selain memilih, masyarakat juga berpartisipasi dalam pemantauan.

"Kita berharap inilah proses formal yang harus dilalui. Ini menjadi aspek transparansi kita dan menindaklanjuti supaya kita terhindar dari manipulasi," tuturnya.

Selain itu, menurut Ferry, tanggal 10 sampai 16 Desember mendatang akan ada rekapitulasi di tingkat Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK). Hal tersebut langsung dilakukan pasca terkumpulnya suara masyarakat di Tempat Pemungutan suara (TPS).

"Jadi rekapitulasi tidak di tingkat TPS lagi tapi langsung bergerak ke PPK," ucapnya.

Sedangkan pada tanggal 17 sampai 18 mendatang diharapkan sudah ada rekapitulasi di tingkat kabupaten kota. Dia juga berharap, agar proses Pilkada serentak di 264 daerah tersebut berjalan tanpa kendala.
(mdk/rnd)

Sumber:
http://googleweblight.com/?lite_url=http://m.merdeka.com/politik/kpu-minta-masyarakat-ikut-awasi-rekapitulasi-suara-pilkada.html&lc=id-ID&s=1&m=200&ts=1449658561&sig=ALL1Aj7z-6tyuH_VUceZSY7yHSoXB-P6RA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar