Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society)
adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup
(atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara
individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri
berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih
abstraknya, sebuah masyarakat
adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat
adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling
tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu
sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur. Menurut
Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah
masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama.
Dengan
kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka
berdasarkan kemaslahatan. Masyarakat sering diorganisasikan berdasarkan dalam
bermata pencaharian. Pakar ilmu
sosial mengidentifikasikan ada masyarakat pemburu,
masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocoktanam,
dan masyarakat agrikultural intensif, yang juga disebut masyarakat peradaban. Sebagian pakar menganggap
masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari
masyarakat agrikultural tradisional.
Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat, suku, chiefdom, dan masyarakat negara.
Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial। Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.
Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat, suku, chiefdom, dan masyarakat negara.
Kata society berasal dari bahasa latin, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial। Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.
Beberapa
pendapat ahli mengenai definisi komunitas yaitu :
1.
Komunitas adalah sekelompok orang yang
saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah
komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas
tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Kertajaya Hermawan, 2008).
2.
George Hillery
Jr (dikutip oleh Fredian Tonny, 2003:23) pernah
mengidentifikasi sejumlah besar defenisi, kemudian menemukan bahwa kebanyakan
defenisi tersebut memfokuskan makna komunitas sebagai:
(1) the
common elements of area;
(2) common
ties; dan
(3) social
interaction.
CYBER WORLD to CYBER COMMUNITY
Perkembangan
Teknologi khususnya penggunaan dunia maya sudah tidak asing lagi bagi
masyarakat. Salah satu bentuk kemajuan internet adalah muncul apa yang disebut
cyber world atau dunia maya. Dimana kita dapat mengakses kapanpun, dimanapun,
hubungan secara langsung ataupun tidak langsung. Burhan Burgin (2009 : 296),
teori komunikasi dunia maya atu yang sering di kenal teori cybercommunity
merupakan teori paling akhir dalam pengembangan ilmu komunikasi atau sosiologi
komunikasi.
Cyber
world melahirkan berbagai macam komponen yaitu salah satunya cyber community. Cyber community mendorong munculnya
sebuah ruang kehidupan baru yang sangat prospektif bagi aktivitas manusia nilai
efisiensinya yang sangat tinggi. Tanpa kita sadari cyber community sering kita
gunakan dalam dunia maya pada saat menggunakan facebook
(antaranews.com:Pengguna Facebook di Indonesia tertinggi ketiga dunia). .
Pengguna facebook di Indonesia tercatat menempati posisi ke tiga tertinggi di
dunia. Kebanyakan orang menggunakan facebook juga untuk berbagi informasi,
mendukung dalam pemilu contoh komunitas yang akan diangkat adalah komunitas
pendukung Jokowi. Lainnya adalah terdapat komunitas koin untuk prita.
REAL WORLD to REAL COMMUNITY
Perlu
kita ketahui bahwa internet mengadopsi dunia social ini artinya bahwa ketika
kita di dunia nyata setiap hal yang kita lakukan pasti ada peraturan , contoh
ketika teman kita menginap harus lapor penjaga kos dan hingga ketua RT. Jikalau
di dunia maya ketika kita ingin membuat facebook harus sesuai peraturan dan tata
cara yang harus dipatuhi. Teknologi juga mengambil alih fungsi social manusia,
sebelum adanya cyber world, ketika berinteraksi dan bermusyawarah masyarakat
dapat bertatap muka hingga berdebat, namun saat ini dengan perkembangan
teknologi, manusia tidap usah repot-repot lagi untuk bertatap muka. Cyber
word membentuk cyber community untuk membentuk komunitas mendukung Jokowi
ataupun Prita. Ketika di dunia nyata perlu proses yang panjang untuk
mengumpulkan massa dalam mendukung aksi tersebut. Interaksi pada saat di dunia
nyata dapat nampak ketika bertaap muka, pada dunia maya dapat menggunakan
skype. Penggunaan bahasa dalam dunia nyata
biasanya menggunakan bahasa yang formal, namun ketika di dunia maya kita dapat
menggunakan bahasa informal.
Skema
diatas menerangkan mengenai hubungan cyber community dan real community dimana
kedua komunitas yang berbeda antara dunia maya dan dunia nyata. Skema di atas menunjukan bahwa antara
cyber world dan cyber community saling berpengaruh artinya dunia nyata memiliki
pengaruh terhadap dunia maya. Fenomena tersebut mengandung arti bahwa apa yang
terjadi di dunia maya, tidak dapat dilepaskan begitu saja dengan kenyataan di
dunia nyata. Hal ini semakin diperjelas dengan kenyataan yang memperlihatkan
bahwa yang berinteraksi di dunia maya adalah benar-benar individu manusia.
Namun
berpegang pada prinsip bahwa kekuatan sebuah rantai sangat ditentukan oleh mata
rantai terlemah. Jelas terlihat bahwa pada akhirnya faktor manusialah yang akan
menentukan. Ada tiga kategori
pengguna internet, yakni aktif, setengah aktif, dan pasif. Yang pertama adalah mereka yang
berhubungan selama 4-8
jam, atau bahkan lebih dalam sehari selama satu minggu. Kelompok setengah aktif adalah mereka
yang berinteraksi minimal 1 jam dalam sehari selama satu minggu. Sedangkan mereka yang tergolong pasif
adalah mereka yang hanya sesekali membuka situs atau sekadar membuka e-email.
KOMUNIKASI CYBER MEDIA
Perkembangan
teknologi komunikasi telah dapat merubah tata cara manusia untuk menyampaikan
pesan dan informasi kepada manusia lainya dengan begitu mudahnya. Bahkan kini
kehidupan berkomunikasi manusia modern tidak lepas dari pengaruh dan penggunaan
teknologi. Teknologi juga telah menamakan sub bab baru dalam Ilmu Komunikasi
Modern, yaitu Komunikasi Maya ( CYBER COMMUNICATION). Pengaruh Komunikasi Maya
bagi dunia Komunikasi sendiri, pada akhirnya merubah dan memperbaiki tatanan
paradigm lama tentang komunikasi, termasuk cara penyampaian pesan.
KONSEP DASAR.
What:
CYBER MEDIA adalah salah satu jalur penyaluran pesan lewat media massa yang
distribusnya melalui jaringan internet, dimana cara penyajiannya bersifat luas,
up to date (terkini), interaktif dan 2 way communication.
Why:
dengan adanya media madda dalam wujud ini (CYBER MEDIA), arus informasi yang
ada dapat selalu ter-update kapan saja, berbeda dengan media massa cetak dan
media massa siaran (elektronik).
Where:
Ranah media cyberberada dalam ruang linkup yang lebih global dan universal dari
pada media massa lain, karena internet merupakan jaringan yang menghubungkan
secara virtualmsebuah PC dengan PC yang berada di tempat lain, bahkan menembus
benua dan samudra di planet kita. Media cyber berusaha menyalurkan arus
informasi sesuai dengan cara kerja internet yang luas tampa batas.
Whom:
sebutan bagi para “penghuni” dan pengguan dunia Cyber atau dunia maya
adalah Netter. Kebanyakan diantara netter adalah para pencari informasi.
Who:
Sedangkan sebagian yang lainnya adalah pemberi informasi.
How:
Tentu saja cara memanfaatkan media cyber adalah dengan cara menggunakan media
ini sebaik-baiknya. Dengan kata lain harus menjadi seorang pengguna internet
aktif yang tidak hanya mencari informasi namun juga mempublikasi
informasi ke internet agar setiap orang didunia dapat mngetahui informasi
tersebut.
SIFAT MEDIA
Bersifat
luas (global) menembus perbedaan jarak dan waktu. Uptodate (terkini) dengan media cyber setiap
pemberi informasi dapat memperbaruhi informasi yang ingin di pubisnya di
internet. 2 way
communication berbeda pada media konvensional yang hanya berpatokan pada satu
arah. Yaitu
penyampaian pesankepada khalayak tanpa ada timbale feedback ke pemberipesan. Media cyber dapat menerapkan komunikasi
2 arah antara si komunikator dengan komunikan. Interaktif
sifatnya tidak statis, intergface atau teampilny memiliki objek yang dapat
berinteraksi dengan objek yang dapat berinterakasi dengan penguna dan pencarian
informasi.
CARA BARU
Penggunaan
internet sebagai salah satu media penyebarluasan pesan telah merubah cara
manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Kini manusia semakin mudah
berkomunikasi, meskipun dengan perbedaan jarak, ruang dan waktu. Dengan
kemudahan tersebut, beberapa teknik komunikasi dengan cara baru mulai di
gunakan. Teknik penyebaran pesan lewat internet
antara lain:
·
Blogging, yaitu menulis artikel berupa
informasi teraktual hingga cerita pribadi yang ringan melalui situs penyedian
layanan blogging, seperti blogger/blogspot dan wordpress.
·
Microblogging, sama halnya seperti
blogging, namun microblogging memiliki karakteristik yang lebih sederhana dari
jumlah teks karakter yang bisa ditulis. Penyedian layanan microbloggeing antara
lain Twitter dan Plurk. Dalam beberapa kasus, layanan microblogging. Twitter menjadi sangat popular di
gunakan untuk lebih mendekatkan seseorang, organisasi dan instansi perusahaan
dengan target audiencenya.
·
Streaming Vidio adalah penggunaan video
sebagai media visual yang disiarkan dengan cara streaming dari internet. Salah
satunya penyedia layanan streaming video yang paling banyak di gunakan adalah
Youtube.
·
Podcast merupakan cara menebarluaskan
pesan dalam format audio, biasanya podcast di gunakan sebagai media skunde dari
radio siaran.
·
Screencast adalah cara menyebarkan visualisasi
dari sebuah layar computer ke computer lain dengan media dalam wujud yang lebih
interaktif. Misalnya dalam bentuk swf atau flas. Biasanya screencast di
gunakan dalam media pembelajaran secara interaktif.
·
Digital Publication adalah bentuk publikasi
digital (paperless) yang belakangan akrab dengan sebutan e-book, untuk buku
digital, e-znie, untuk majalah digital, e-paper, dan lain sebagainya yang
biasanya kesemuaanya dalam file format PDF atau Porteble Document Format.
Teknologi digital publication dapat menghemat proses cetak.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar