Selasa, 13 Oktober 2015

MASYARAKAT MAYA (CYBER COMMUNITY)




Masyarakat (sebagai terjemahan istilah society) adalah sekelompok orang yang membentuk sebuah sistem semi tertutup (atau semi terbuka), dimana sebagian besar interaksi adalah antara individu-individu yang berada dalam kelompok tersebut. Kata "masyarakat" sendiri berakar dari kata dalam bahasa Arab, musyarak. Lebih abstraknya, sebuah masyarakat adalah suatu jaringan hubungan-hubungan antar entitas-entitas. Masyarakat adalah sebuah komunitas yang interdependen (saling tergantung satu sama lain). Umumnya, istilah masyarakat digunakan untuk mengacu sekelompok orang yang hidup bersama dalam satu komunitas yang teratur. Menurut Syaikh Taqyuddin An-Nabhani, sekelompok manusia dapat dikatakan sebagai sebuah masyarakat apabila memiliki pemikiran, perasaan, serta sistem/aturan yang sama.
Dengan kesamaan-kesamaan tersebut, manusia kemudian berinteraksi sesama mereka berdasarkan kemaslahatan. Masyarakat sering diorganisasikan berdasarkan dalam bermata pencaharian. Pakar ilmu sosial mengidentifikasikan ada masyarakat pemburu, masyarakat pastoral nomadis, masyarakat bercocoktanam, dan masyarakat agrikultural intensif, yang juga disebut masyarakat peradaban. Sebagian pakar menganggap masyarakat industri dan pasca-industri sebagai kelompok masyarakat yang terpisah dari masyarakat agrikultural tradisional.
Masyarakat dapat pula diorganisasikan berdasarkan struktur politiknya: berdasarkan urutan kompleksitas dan besar, terdapat masyarakat, sukuchiefdom, dan masyarakat negara.
Kata society berasal dari bahasa latin
, societas, yang berarti hubungan persahabatan dengan yang lain. Societas diturunkan dari kata socius yang berarti teman, sehingga arti society berhubungan erat dengan kata sosial Secara implisit, kata society mengandung makna bahwa setiap anggotanya mempunyai perhatian dan kepentingan yang sama dalam mencapai tujuan bersama.
Beberapa pendapat ahli mengenai definisi komunitas yaitu :
1.      Komunitas adalah sekelompok orang yang saling peduli satu sama lain lebih dari yang seharusnya, dimana dalam sebuah komunitas terjadi relasi pribadi yang erat antar para anggota komunitas tersebut karena adanya kesamaan interest atau values (Kertajaya Hermawan, 2008).
2.      George Hillery Jr (dikutip oleh Fredian Tonny, 2003:23) pernah mengidentifikasi sejumlah besar defenisi, kemudian menemukan bahwa kebanyakan defenisi tersebut memfokuskan makna komunitas sebagai:
(1) the common elements of area;
(2) common ties; dan
(3) social interaction.
CYBER WORLD to CYBER COMMUNITY
Perkembangan Teknologi khususnya penggunaan dunia maya sudah tidak asing lagi bagi masyarakat. Salah satu bentuk kemajuan internet adalah muncul apa yang disebut cyber world atau dunia maya. Dimana kita dapat mengakses kapanpun, dimanapun, hubungan secara langsung ataupun tidak langsung. Burhan Burgin (2009 : 296), teori komunikasi dunia maya atu yang sering di kenal teori cybercommunity merupakan teori paling akhir dalam pengembangan ilmu komunikasi atau sosiologi komunikasi.
Cyber world melahirkan berbagai macam komponen yaitu salah satunya cyber community. Cyber community mendorong munculnya sebuah ruang kehidupan baru yang sangat prospektif bagi aktivitas manusia nilai efisiensinya yang sangat tinggi. Tanpa kita sadari cyber community sering kita gunakan dalam dunia maya pada saat menggunakan facebook (antaranews.com:Pengguna Facebook di Indonesia tertinggi ketiga dunia). . Pengguna facebook di Indonesia tercatat menempati posisi ke tiga tertinggi di dunia. Kebanyakan orang menggunakan facebook juga untuk berbagi informasi, mendukung dalam pemilu contoh komunitas yang akan diangkat adalah komunitas pendukung Jokowi. Lainnya adalah terdapat komunitas koin untuk prita.
REAL WORLD to REAL COMMUNITY
Perlu kita ketahui bahwa internet mengadopsi dunia social ini artinya bahwa ketika kita di dunia nyata setiap hal yang kita lakukan pasti ada peraturan , contoh ketika teman kita menginap harus lapor penjaga kos dan hingga ketua RT. Jikalau di dunia maya ketika kita ingin membuat facebook harus sesuai peraturan dan tata cara yang harus dipatuhi. Teknologi juga mengambil alih fungsi social manusia, sebelum adanya cyber world, ketika berinteraksi dan bermusyawarah masyarakat dapat bertatap muka hingga berdebat, namun saat ini dengan perkembangan teknologi, manusia tidap usah repot-repot  lagi untuk bertatap muka. Cyber word membentuk cyber community untuk membentuk komunitas mendukung Jokowi ataupun Prita. Ketika di dunia nyata perlu proses yang panjang untuk mengumpulkan massa dalam mendukung aksi tersebut. Interaksi pada saat di dunia nyata dapat nampak ketika bertaap muka, pada dunia maya dapat menggunakan skype. Penggunaan bahasa dalam dunia nyata biasanya menggunakan bahasa yang formal, namun ketika di dunia maya kita dapat menggunakan bahasa informal.
Skema diatas menerangkan mengenai hubungan cyber community dan real community dimana kedua komunitas yang berbeda antara dunia maya dan dunia nyata. Skema di atas menunjukan bahwa antara cyber world dan cyber community saling berpengaruh artinya dunia nyata memiliki pengaruh terhadap dunia maya. Fenomena tersebut mengandung arti bahwa apa yang terjadi di dunia maya, tidak dapat dilepaskan begitu saja dengan kenyataan di dunia nyata. Hal ini semakin diperjelas dengan kenyataan yang memperlihatkan bahwa yang berinteraksi di dunia maya adalah benar-benar individu manusia.
Namun berpegang pada prinsip bahwa kekuatan sebuah rantai sangat ditentukan oleh mata rantai terlemah. Jelas terlihat bahwa pada akhirnya faktor manusialah yang akan menentukan. Ada tiga kategori pengguna internet, yakni aktif, setengah aktif, dan pasif. Yang pertama adalah mereka yang berhubungan selama 4-8 jam, atau bahkan lebih dalam sehari selama satu minggu. Kelompok setengah aktif adalah mereka yang berinteraksi minimal 1 jam dalam sehari selama satu minggu. Sedangkan mereka yang tergolong pasif adalah mereka yang hanya sesekali membuka situs atau sekadar membuka e-email.
KOMUNIKASI CYBER MEDIA
Perkembangan teknologi komunikasi telah dapat merubah tata cara manusia untuk menyampaikan pesan dan informasi kepada manusia lainya dengan begitu mudahnya. Bahkan kini kehidupan berkomunikasi manusia modern tidak lepas dari pengaruh dan penggunaan teknologi. Teknologi juga telah menamakan sub bab baru dalam Ilmu Komunikasi Modern, yaitu Komunikasi Maya ( CYBER COMMUNICATION). Pengaruh Komunikasi Maya bagi dunia Komunikasi sendiri, pada akhirnya merubah dan memperbaiki tatanan paradigm lama tentang komunikasi, termasuk cara penyampaian pesan.
KONSEP DASAR.
What: CYBER MEDIA adalah salah satu jalur penyaluran pesan lewat media massa yang distribusnya melalui jaringan internet, dimana cara penyajiannya bersifat luas, up to date (terkini), interaktif dan 2 way communication.
Why: dengan adanya media madda dalam wujud ini (CYBER MEDIA), arus informasi yang ada dapat selalu ter-update kapan saja, berbeda dengan media massa cetak dan media massa siaran (elektronik).
Where: Ranah media cyberberada dalam ruang linkup yang lebih global dan universal dari pada media massa lain, karena internet merupakan jaringan yang menghubungkan secara virtualmsebuah PC dengan PC yang berada di tempat lain, bahkan menembus benua dan samudra di planet kita. Media cyber berusaha menyalurkan arus informasi sesuai dengan cara kerja internet yang luas tampa batas.
Whom: sebutan bagi para  “penghuni” dan pengguan dunia Cyber atau dunia maya adalah Netter. Kebanyakan diantara netter adalah para pencari informasi.
Who: Sedangkan sebagian yang lainnya adalah pemberi informasi.
How: Tentu saja cara memanfaatkan media cyber adalah dengan cara menggunakan media ini sebaik-baiknya. Dengan kata lain harus menjadi seorang pengguna internet aktif yang tidak hanya mencari informasi namun juga  mempublikasi informasi ke internet agar setiap orang didunia dapat mngetahui informasi tersebut.
SIFAT MEDIA
Bersifat luas (global) menembus perbedaan jarak dan waktu. Uptodate (terkini) dengan media cyber setiap pemberi informasi dapat memperbaruhi informasi yang ingin di pubisnya di internet. 2 way communication berbeda pada media konvensional yang hanya berpatokan pada satu arah. Yaitu penyampaian pesankepada khalayak tanpa ada timbale feedback ke pemberipesan. Media cyber dapat menerapkan komunikasi 2 arah antara si komunikator dengan komunikan. Interaktif sifatnya tidak statis, intergface atau teampilny memiliki objek yang dapat berinteraksi dengan objek yang dapat berinterakasi dengan penguna dan pencarian informasi.
CARA BARU
Penggunaan internet sebagai salah satu media penyebarluasan pesan telah merubah cara manusia untuk berkomunikasi dengan sesamanya. Kini manusia semakin mudah berkomunikasi, meskipun dengan perbedaan jarak, ruang dan waktu. Dengan kemudahan tersebut, beberapa teknik komunikasi dengan cara baru mulai di gunakan. Teknik penyebaran pesan lewat internet antara lain:
·         Blogging, yaitu menulis artikel berupa informasi teraktual hingga cerita pribadi yang ringan melalui situs penyedian layanan blogging, seperti blogger/blogspot dan wordpress.
·         Microblogging, sama halnya seperti blogging, namun microblogging memiliki karakteristik yang lebih sederhana dari jumlah teks karakter yang bisa ditulis. Penyedian layanan microbloggeing antara lain Twitter dan Plurk. Dalam beberapa kasus, layanan microblogging. Twitter menjadi sangat popular di gunakan untuk lebih mendekatkan seseorang, organisasi dan instansi perusahaan dengan target audiencenya.
·         Streaming Vidio adalah penggunaan video sebagai media visual yang disiarkan dengan cara streaming dari internet. Salah satunya penyedia layanan streaming video yang paling banyak di gunakan adalah Youtube.
·         Podcast merupakan cara menebarluaskan pesan dalam format audio, biasanya podcast di gunakan sebagai media skunde dari radio siaran.
·         Screencast adalah cara menyebarkan visualisasi dari sebuah layar computer ke computer lain dengan media dalam wujud yang lebih interaktif. Misalnya dalam  bentuk swf atau flas. Biasanya screencast di gunakan dalam media pembelajaran secara interaktif.
·         Digital Publication adalah bentuk publikasi digital (paperless) yang belakangan akrab dengan sebutan e-book, untuk buku digital, e-znie, untuk majalah digital, e-paper, dan lain sebagainya yang biasanya kesemuaanya dalam file format PDF atau Porteble Document Format. Teknologi digital publication dapat menghemat proses cetak.

SUMBER:  
http://smamuhammadiyahtasikmalayasosiologi.blogspot.co.id/2010/01/masyarakat.html


Tidak ada komentar:

Posting Komentar